Wednesday, April 4, 2012

Instagram on Android dan Nyinyiran yang Menyertainya

Yuhuuu! Hari ini Instagr.am resmi dirilis di Android. Aplikasi untuk edit foto dan jejaring sosial berbasis foto ini dulu cuma eksklusif buat iOS. Silakan bagi android user untuk download Instagr.am disini. Kalau mau menikmati instagram via dekstop klik disini.

Instagram on Android

Eits! Ternyata para pengguna iPhone dan iPad banyak yang sensi karena instagram launching di android. Banyak dari mereka yang nyinyir tentang munculnya instagram di Android ini. Mungkin kalau diartikan ke bahasa, para pengguna iOS itu nyinyir gini "Pantesan ndeso, lha wong tag nya #android !".

Yup para pemain instagram biasa memakai hashtag ( # ) kode tagar untuk tagging atau menandai dan memberi label foto mereka. Karena Instagram search foto memakai kode hashtag. Lalu mungkin karena lebih terjangkaunya harga android daripada iOS, banyak anak alay yang langsung ikutan meramaikan instagram party on android. Mereka mengunggah foto close up narsis gitu. Gak perlu menyalahkan pengguna android kalau alay. Di Indonesia, banyak juga abg yang beli iPhone atau iPad cuma untuk ikutan demam instagram dengan upload phutu phutu narzies mereka.

Mobilku apik to ndes?

Hahahaha saya kira dulu pertama kali pengguna instagram dari iOS juga ndeso. Lihat saja foto instagram pertama kalinnya Justin Bieber di atas itu.

Tadi pengguna instagram luar negeri banyak yang nyinyir, "Wah fotonya buram gak jelas, angle nya jelek. Oh pantes, #android user". HELL YEAH! Padahal kalau dipikir-pikir kamera dari hape android itu lebih keren lho! Pixelnya gede jadi lebih jelas (Setahu saya kamera bagus itu dipengaruhi berapa megapixel itu lensa *IMO karena saya bukan fotografer ^_^). Oiya masih ada fitur yang gak ada di Instagram on Android yaitu tilt-shift.

Nah bagi pengguna Instagram baru, mari kita simak tips bermain Instagram di bawah ini agar kita tidak dikatakan norak atau cupu dan malah bisa dapat banyak follower (Ini hasil pengalaman saya bermain instagram sebulan di iPad dan kepo dari senior pemain instagram).

Instagram Alay

  1. Upload foto kamu yang benar-benar bagus. Kalau menurut Mas Primebound, bagus itu relatif. Ya paling enggak, uploadlah foto kamu yang unik. Jangan foto-foto 
  2. Jangan terlalu sering upload foto. Sebenarnya para pengguna instagram lama juga sering dapat cibiran kayak gini "Mau makan malam, foto dulu makanannya terus upload Instagram". Yo pokokmen kembali ke tips saya nomor satu deh "Upload foto yang bagus dan unik :D"
  3. Instagram gunakan seperti layaknya social media. Nah yang ini tips dari pengalaman saya. Edit foto itu gak selalu pakai instagram doang kok. Saya kadang ambil foto dari aplikasi kamera bawaan lalu diedit lewat photoshop express, nah kalau dirasa sudah oke baru deh diupload di Instagram.
  4. Gunakan hashtag secara normal. Seperti yang sudah dijelaskan pada tulisan di atas, Instagram memakai hashtag. Tulis hashtag secukupnya dicaption (3 hashtag sudah cukup), karena jika terlalu banyak malah mengganggu follower di twitter. Kalau mau melempar banyak hashtag, cukup tulis di bagian komentar foto dari Instagram. Foto kamu bakalan masih bisa disearch kok.
Yah mungkin segitu dulu unek-unek dan tips dari Mas Primebound mengenai Instagram for Android. Kalau ada kritik bisa lho ditulis di kotak komentar bawah postingan ini ^_^

16 comments:

Hanif said...

keren mas tipsnya, tapi.... tinggal nunggu instagram for blackberry nih .__.

Reza Kurniawan said...

tips nomer 1 "jangan foto-foto" apaan, ga?
makasih ye tips nya, gue kan pake android :D

Xinnosuke said...

instagram semakin mainstream ya, ga ekslusif:p
----------------------------------
komen: bagus sih selama foto yg di upload memang berkualitas, kadang suka risih kalo di TL ada upload poto GJ aja pake instagram :p
serasa potografer gitu? padahal cuma nambah efek vintage doang, lol
sama kayak ababilyg pegang DSLR buat gayaan doang :P
karna ga semua poto cocok pake instagram menurut gue..

semoga kedepannya TL di twitter rame sama poto instagram bagus, bukan cuma sok sokan/poto instagram alay aja :)

primebound said...

@hanif kan BB udah gak laku. Gara2 pertamax naik..
@reza thx ralatnya hahahaha
@nas gile komen nya! Super sekali. Iye kadang banyak foto geje cuma pake efek retro atau vintage tapi upload via instagram terus-terusan.

Eric Setyo Nugroho said...

wah aku nunggu Instagram for Symbian ki T__T

Just Nanda... said...

Because instagram is too mainstream... Huehehehhehe... Gue upload foto di pesbuk aja deh ya...

Unknown said...

sayang sekali tidak punya i-pad,jadi bener2 gak tau...*aduh gondes*

Mutia Han said...

anjriiit.. itu foto mabok jandanya najis bangeeeet x))) nice post! :D Jadi pengen beli android :(

Bagaimakna said...

gue pake android bang tapi ga minat nginstal '___'
masih setia pake pixlr aja muehehehe
because its too mainstream, yowes muka ndeso diupload ae :p

Ramy said...

gue baru tau kalo ngasih hashtag di komen tetep bisa disearch, nice tips bang :D

oya, tambahin nih.. kalo mau tilt shift, poto aja pake Camera360 dulu, kan ada tuh tilt shift, atau edit pake picsay dulu.. baru uplaod ke instagram :D

btw, megapixel cuma lebih ngaruh ke ukuran potonya bang, klo kualitas foto tergantung kualitas kamera, dan iPhone masih jadi yg terbaik ._.

admin said...

Lagi ngumpulin duit buat beli gadget2 di atas -_-"

Wawan Kurniawan said...

kagak punua androidnya hahahha

Unknown said...

hha aku melu2 nginstagram ahh :D

ciptanirmala said...

ngahahhaa... potonya maboook jandaaaa.... gilaaa... ngakak deh ga... aku juga mau bikin poto mabok duda daah, hax2!

helgaindra said...

sejak nongol di android sekarang banyak temen yang pamer foto ga jelas via instagram

dan itu gak banget deh
-.-

Outbound di Malang said...

salam gan ...
menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
di tunggu kunjungan balik.nya gan !